5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Manajemen

1

Sudah tak asing lagi mendengar kata manajemen dalam dunia modern seperti sekarang ini. Bila kita telusuri, ilmu manajeman telah ada sekitar ribuan yang lalu dengan dibuktikan adanya piramida Giza di Mesir. Di mana piramida tersebut tak akan ada tanpa seseorang yang merencanakan terbentuknya piramida tersebut. Melihat hal tersebut dapat dikatakan bahwa ilmu manajeman adalah ilmu yang paling tua. Karena sejak dulu orang telah melakukan tindakan manajemen. Manajemen ada sejak adanya seseorang atau perusahaan besar maupun kecil yang melakukan tindakan manajemen. Manajemen sendiri merupakan proses untuk mencapai tujuan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Menurut definisi yang lain bahwa manajemen adalah proses di mana pelaksanaan daripada tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

Sebuah program studi yang dirasa memberikan harapan masa depan yang lebih cerah dan memberikan prospek kerja yang menjanjikan. Lulusan Manajemen banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, lembaga, organisasi, dan institusi pemerinathan. Sebab lulusan manajemen bersifat luwes dapat ditempatkan di berbagai bidang.

Manajemen merupakan jurusan dengan prospek kerja yang fleksibel, artinya lulusan manajemen dapat ditempatkan di berbagai bidang. Sehinnga mempunyai prospek kerja yang sangat luas. Berikut beberapa prospek kerja manajemen yang bisa diambil seseorang lulusan manajemen. Diantaranya yaitu :

1. Prospek Kerja Manajemen sebagai Tenaga Pengajar

Tidak hanya di bidang bisnis dan wirausaha saja, lulusan Manajemen sangat dibutuhkan untuk tenaga pengajar/ dosen. Ini  merupakan peluang yang cukup menarik untuk seseorang yang selalu ingin berkecimpung dalam dunia pendidikan.

2. Prospek kerja Manajemen di Pertambangan dan Perdagangan

Perusahaan-perusahaan, lembaga, dan organisasi membuthkan manager. Lulusan manajemen disini dibutuhkan untuk diantaranya sebagai manajer di bidang pemasaran, sumber daya manusia, operasi, dan keuangan. Beberapa sektor yang dapat dimasuki ialah pada sektor asuransi, agrobisnis, perdagangan, perbankan, pertambangan.

3. Prospek Kerja Manajemen sebagai Staf SDM (Sumber Daya Manusia)

Lulusan S1, Tidak langsung dpat menjadi seorang manajer di suatu perushaan, tetapi masih memiliki kesempatan Peluang kerja pada bagaian staf SDM. Staf bagain SDM ini banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan. Yakni untuk mengurusi yang berkaitan dengan maslah pekerja.

Baik itu dalam masalah perekrutan pekerja baru, penilaian terhadap kinerja pekerja, manajemen kinerja, gaji, kesehatan karyawan, pelatihan karyawan, kesejahteraan karyawan, yang berkaitan dengan kinerja karyawan. Staf SDM yang biasa kita kenal dengan sebutan personalia.

4. Prospek Kerja Manajemen sebagai Staf Pemasaran

Staf pemasaran merupakan salah satu peluang kerja yang dapat diperoleh dari salah satu konsentrasi jurusan Manajemen yaitu konsentrasi Manajemen. Selain manajemen SDM, marketing juga merupakan unsur penting dari perushaan. Staf pemasaran berhubungan dengan bagaimana sumber daya yang ada menjadi sebuah produk.  Mempelajari apa yang dibutuhkan oleh konsumen, menentukan harga produk, serta membuat desain produk, hingga proses tersebut sampai ke tangan konsumen.

5. Prospek Kerja Manajemen sebagai Staf Keuangan

Staf keuangan merupakan unsur ketiga yang harus ada dalam sebuah perusahaan. Apalagi untuk seseorang yang fashionnya soal hitung-menghitung, bagian ini sangat cocok. Menjamin kelancaran admistrasi perusahaan, mengawasi pemasukan serta pengeluaran admistrasi perusahaan  hingga dibuat laporan.

Itulah 5 prospek kerja terbaik bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Sesuaikah dengan minat anda?



BERIKAN KOMENTAR ANDA
(Visited 12 times, 1 visits today)