Agar Tak Sengsara di Akhir Bulan, Ini 5 Cara Kelola Gaji Bulanan

1

Banyak orang tak bisa mengelola keuangannya sendiri dan berujung pada pengeluaran yang membludak. Akibatnya, uang yang kamu miliki untuk satu bulan sudah tidak tersisa lagi di pertengahan bulan. Kamu tidak bisa menabung untuk membeli barang- barang yang kamu inginkan, atau berlibur.

Ayo, simak beberapa tips ini agar kamu bisa mengelola keuangan dengan baik.

Sisihkan Uang Tabungan di Awal Bulan

Sisihkan uang tabungan di awal bulan dan jangan melakukannya pada akhir bulan. Kamu harus menargetkan berapa uang yang ingin kamu kumpulkan pada kurun waktu tertentu.

Misalnya, dalam satu tahun kamu ingin mengumpulkan uang sebesar Rp 1,2 juta, maka kamu harus menabung paling sedikit Rp 100 ribu per bulan. Ingat ya Rp 100 ribu tersebut harus segera kamu sisihkan setelah menerima uang bulanan.

Lakukan Penganggaran Budget Secara Sederhana

Setelah menyisihkan uang untuk menabung, kamu harus menganggarkan uang bulananmu. Pengeluaran apa saja yang harus kamu keluarkan dan tidak terlalu penting. Kamu harus menganggarkan berapa saja jumlah pengeluarannya.

Contohnya, jika total pendapatanmu sebesar Rp 2,5 juta perbulan, maka hanya tersisa Rp 2,4 juta (Setelah dikurang uang untuk menabung). Lalu anggarkan uang tersebut, akan dipakai untuk apa saja dan berapa besarnya. Kamu tidak boleh melewati batas anggaran yang telah kamu buat sendiri ya!

Catat Seluruh Pengeluaranmu

Kamu harus mencatat segala pengeluaran dari yang terkecil. Kamu bisa melakukannya secara manual ataupun menggunakan bantuan teknologi. Bagi kamu yang malas untuk mencatat, kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi di smartphone.

Banyak aplikasi smartphone untuk mencatat pengeluaran seperti Wally, Expense Manager, Pocket Expenseataupun aplikasi lainnya. Setelah itu kamu harus membandingkan pengeluaran dengan dan anggaran yang telah kamu buat sebelumnya.

Pengeluaranmu akan jadi terpantau, mengetahui jika telah membludak dan melewati batas.

REALISTIS!

Dalam menganggarkan uang bulanan kita harus selalu realistis. Kalau tidak semua yang kita lakukan akan sia-sia karena kamu akan terus melanggar dan melewati batas budget yang dibuat sendiri.

Jadikan Rincian Bulan Lalu Sebagai Referensi Untuk Membuat Anggaran Bulan Ini

Kamu harus belajar dari kesalahan yang kamu buat di bulan sebelumnya. Apa saja anggaran yang sulit untuk dipenuhi atau kesalahan-kesalahan dalam penganggaran pada bulan sebelumnya. Kamu dapat memperbaikinya agar kondisi keuanganmu lebih stabil di bulan ini.



BERIKAN KOMENTAR ANDA
(Visited 48 times, 1 visits today)