Air Pasang di Banjarmasin Diprediksi Timbulkan Banjir 6 Mei

Penulis: Dadan Hardian

TVRINews, Banjarmasin
 

Air pasang terjadi dalam seminggu ini. Puncaknya diprediksi 6 Mei 2021.Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengingatkan masyarakat  agar waspada.

Plt Kepala BPBD Kota Banjarmasin Edy Wibowo mengatakan, genangan sudah terlihat di jalan Lambung Mangkurat dan di daerah pinggiran sungai.

Dari pantauan personel BPBD Kota Banjarmasin di lapangan, dalam minggu ini air pasang tinggi yang  menimbulkan genangan masih dalam kondisi tidak mengkhawatirkan.

"Yang jelas kita siaga dan waspada. Baik kesiapan tenaga serta peralatan di BPBD dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dan pimpinan daerah," ujar Edy.

Meski genangan masih dalam kondisi tak mengkhawatirkan, kata Edy, tidak bisa dianggap biasa saja.Kondisi diprediksi akan ada puncaknya lebih tinggi lagi air pasangnya dan berpotensi menimbulkan banjir.

Menurut Edy, Kota Banjarmasin memiliki dataran rendah di bawah permukaan laut, hingga mudah tergenang jika terjadi air sungai pasang.

Sebagaimana diketahui, pertengahan bulan awal tahun ini Kota Banjarmasin mengalami banjir besar khususnya di wilayah Banjarmasin Timur, Selatan dan Utara.

"Terjadinya musibah banjir tersebut tidak hanya karena hujan tinggi, dan air besar kiriman dari hulu, namun karena terjadi fenomena air laut pasang tinggi, sebagaimana saat ini," ungkap Edy, Rabu (5/4/2021).