Demi iPhone 5G Apple Jalin Hubungan “SPESIAL” dengan Intel

1

Menyongsong teknologi pita lebar nirkabel 5G yang tak lama lagi tiba, Apple sibuk menyiapkan diri. Salah satu cara yang diambil adalah menggandeng erat Intel untuk membuat cip modem yang mereka perlukan untuk iPhone di masa depan. Teknisi iPhone dan Intel telah bertemu untuk membicarakan modem 5G di iPhone. Apple pun membatasi dialog kerja samanya dengan Qualcomm, yang notebene adalah mitra utama Apple untuk cip modemnya.

Intel sendiri terbilang jauh tertinggal jauh dari Qualcomm di bisnis modem. Namun untuk teknologi 5G, mereka sudah menyiapkan tim khusus demi mengejar ketertinggalan. Salah satu caranya adalah melalui kerja sama eksklusif bersama Apple. Modem 5G buatan Intel masih dalam proses pembuatan. Rencananya modem 5G tersebut sudah siap dipakai untuk iPhone di edisi 2019 atau 2020 nanti. “Sementara kami tidak mengomentari produk pelanggan kami, seperti diketahui hari ini Intel sedang membuka momentum besar di peta jalan 5G kami guna mempercepat adopsi 5G.

Bangun SoC dengan Intel
Hubungan Intel dengan Apple mulai terjalin ketika Apple mengizinkan Intel memasok cip modem untuk iPhone 7 pada 2016. Belakangan Apple tidak hanya berminat menggunakan cip modem Intel, tapi juga mengembangkan system-on-a-chip (SoC) bersama Intel untuk iPhone, seperti disebutkan oleh berbagai sumber yang dirangkum Fast Company SoC yang menyatukan CPU, GPU, dan komponen iPhone lainnya ini akan dirancang bersama oleh Apple dan Intel di fasilitas milik Intel.

Konflik dengan Qualcomm
Sejak awal tahun ini, perpecahan kerja sama antara Apple dan Qualcomm mulai terlihat sejak Apple digugat oleh Qualcomm atas biaya royalti teknologi yang digunakan oleh Apple.  Merapatnya Apple ke pangkuan Intel, tak lepas dari perselisihan perusahaan berlambang apel itu dengan Qualcomm, si raja pasar modem mobile.

Namun di balik pertikaian itu, teknologi modem 5G milik Qualcomm dinilai kurang prospektif untuk iPhone. Modem Qualcomm disebut lebih cocok untuk jaringan CDMA. Sementara, modem buatan Intel lebih bagus di jaringan GSM/LTE.  Kolaborasi antara Apple dan Intel disebut bisa terjadi lebih cepat. Sumber Wall Street Journalmengatakan Apple sudah merakit purwarupa iPhone yang menggunakan modem 3G/4G Intel. Ada kemungkinan juga Apple akan memakai jasa MediaTek, produsen cip asal Taiwan, sebagai penyuplai modem tambahan. Sebelumnya, Dalam acara CES (Consumer Electronics Show) 2017 Intel sempat mengumumkan rencananya untuk mengembangkan modem jaringan data 5G



BERIKAN KOMENTAR ANDA
(Visited 29 times, 1 visits today)