Baru 45,8 Persen Anak Usia Sekolah di Kota Ambon Divaksin Covid-19

Penulis: Hamja Tomia

TVRINews, Ambon 

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah berhasil memvaksinasi 15.000 lebih anak usia sekolah atau 45,8% dari taget yang ditetapkan 33,322.  Untuk mencapai target itu, Dinas Kesehatan melakukan vaksinasi dengan sistem jemput bola.

Keinginan anak usia sekolah untuk mengikuti vaksinasi cukup tinggi. Hal ini terlihat saat pertama kali vaksinasi anak dilakukan sejak awal 27 Agustus 2021. Peningkatan signifikan terlihat saat pekan selebrasi vaksinasi yang digelar menyongsong HUT ke -446 Kota Ambon di Lapangan Merdeka Ambon. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon dokter Wendy Pelupessy mengatakan, hingga Senin (13/9/2021), petugas kesehatan telah berhasil memvaksin 15.260 anak usia sekolah atau 45,8 persen dari target yang ditetapkan 33.322 anak.

Dinas Kesehatan menurunkan aparatnya  ke kecamatan untuk melakukan vaksinasi kepada anak dengan sistem jemput bola. Langkah itu dikakukan untuk percepatan  capaian taget vaksinasi kepada anak sehingga pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dapat digelar. 

Sesuai Edaran Ikatan Dokter Indonesia IDI, sekolah tatap muka dapat dilaksanakan apabila vaksinasi kepada anak telah mencapai 80 persen dari jumlah anak usia sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon mengimbau orang tua siswa, para guru untuk mendorong anak-anak mereka melakukan vaksinasi. Dan anak-anak usia sekolah yang telah divaksin  selalu menjaga disiplin protokol kesehatan.

 

Editor: Dadan Hardian

Daerah