Trending

  • Kamis, 6 Oktober 2022

Ekonomi

  • 0 Komentar

Sukseskan Presidensi G20, Mendagri Turunkan Tim Dukung Pengelolaan Sampah di Sarbagita

Sukseskan Presidensi G20, Mendagri Turunkan Tim Dukung Pengelolaan Sampah di Sarbagita
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian turut berperan dalam menyukseskan Presidensi G20 di Bali pada akhir Oktober mendatang

Penulis: Christhoper Natanael Raja

TVRINews, Bali

 

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian turut berperan dalam menyukseskan Presidensi G20 di Bali pada akhir Oktober mendatang. Ia menurunkan tim ke Bali untuk memfasilitasi Pemerintah Daerah (pemda) setempat guna mendukung pengelolaan sampah khususnya di Wilayah Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar, hingga Tabanan), mengingat model pengelolaan sampah terpadu dan terintegrasi akan diterapkan di daerah tersebut. 

Tim ini terdiri atas Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono, Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga, Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan dan Hukum Sang Made Mahendra Jaya, serta beberapa pihak terkait lainnya.

Mereka akan meninjau upaya yang sudah kita lakukan untuk pelestarian lingkungan, termasuk untuk upaya-upaya dalam rangka mereduce atau mengurangi emisi karbon, guna mendukung pelaksanaan puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Dirjen Bangda Kemendagri Sugeng Hariyono menjelaskan upaya itu dilakukan salah satunya dengan mendukung pengelolaan sampah di Bali agar lebih maksimal, baik dari pembuangan, pengolahan, hingga pemanfaatannya. 

Berdasarkan informasi yang didapat, daya tampung Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di Sarbagita Bali baru 120 ton sampah per hari. Sedangkan kedepan, jumlah itu akan meningkat 4 kali lipat.

“Dari posisi seperti itu maka yang diperlukan sekarang adalah bagaimana memastikan upaya-upaya ini bahwa sampah itu tidak sekadar dibuang tapi ada nilai ekonomis,” kata Sugeng, Sabtu (26/2/2022).

Selain itu, Sugeng juga menjelaskan peran Kemendagri dalam mendukung pengelolaan sampah di Bali. Kemendagri berperan memfasilitasi Pemprov Bali untuk mendesain kelembagaan setingkat Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dalam mendukung pengelolaan sampah berikut retribusinya, Kemendagri juga akan mendampingi pemda untuk memperkuat bisnis proses dalam rangka meningkatkan manfaat ekonomi pasca pengelolaan sampah. 

“Dan mendorong OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait (terlibat) di dalam program peningkatan peran serta masyarakat di dalam pengelolaan sampah mulai dari hulu tingkat rumah tangga/banjar hingga ke tempat pengelolaan,” ujar Sugeng.


Baca Juga

Berita Terkait

Rekomendasi untuk Anda

Komentar
1000 Karakter tersisa
Komentar

News Letter

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.