Trending

  • Minggu, 3 Juli 2022

Nasional

  • 0 Komentar

Momentum Iduladha, Menteri Desa Tekankan Pesan Solidaritas dan Empati di Tengah Pandemi

Momentum Iduladha, Menteri Desa Tekankan Pesan Solidaritas dan Empati di Tengah Pandemi
Momentum Iduladha, Menteri Desa Tekankan Pesan Solidaritas dan Empati di Tengah Pandemi

Penulis: Naufal Lanten

TVRINews, Jakarta 

Tahun ini menjadi tahun kedua perayaan Iduladha di tengah pandemi Covid-19. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa Iduladha ini sangat berkaitan dengan ibadah kurban.

Menurutnya, ibadah kurban juga mengandung nilai ritual vertikal dan memiliki manifestasi yang sangat kuat dengan relasi horizontal. Kurban ditunaikan tidak hanya berdasar keikhlasan dan ketaatan terhadap perintah Allah SWT, tapi kurban juga harus memiliki makna pengorbanan terhadap sesama.

"Ibadah Kurban menyiratkan pesan solidaritas dan empati karena menyembelih hewan sekaligus mengajarkan kita untuk menyembelih ego pribadi," kata Halim Iskandar, Selasa (20/7/2021).

Doktor Honor Causa dari UNY ini mengatakan, Ibadah Qurban juga akan menimbulkan empati dan rasa tidak hanya mau menang sendiri. Salah satu bukti rasa empati dan kepedulian terhadap sesama ini adalah dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal itu karena dengan mematuhi protokol kesehatan tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga untuk melindungi orang lain.

"Mari patuhi protokol kesehatan ini demi keselamatan jiwa anak negeri dan manusia. Mari kita Ibadah kurban lebih bermakna lagi, bukan hanya ketaatan kepada Ilahi," kata Halim Iskandar.

"Jangan lupa memakai masker, mencuci pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta kurangi mobilitas atau interaksi," ujarnya menambahkan.

 

Editor: Dadan Hardian


  • Tag

Baca Juga

Berita Terkait

Rekomendasi untuk Anda

Komentar
1000 Karakter tersisa
Komentar

News Letter

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.