DPR Bicara Pemulihan Pandemi di Forum Parlemen Dunia

Puan Maharani

Reporter:AhmadRichad
TVRINews, Jakarta

Ketua DPR, Puan Maharani menegaskan pentingnya kerja sama internasional untuk mengatasi pandemi Covid-19. Hal itu disampaikannya dalam pertemuan virtual The Prepatory Committee of The Fifth World Conference of Speakers of Parliament (5WCSP).

Pertemuan the World Conference of speakers of Parliament diadakan setiap 5 tahun, dan merupakan pertemuan puncak Inter-Parliamentary Union (IPU). Pertemuan ini bertujuan untuk membahas berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama Parlemen dunia.

Dalam pertemuan tersebut, Puan menyampaikan pandangannya bahwa 5WCSP kali ini diadakan pada saat yang tepat, yaitu di saat dunia menghadapi tantangan besar untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Acara ini akan menjadi forum yang bermanfaat untuk mempererat kemitraan global, dan memperkuat solidaritas bersama.

“Pandemi global ini menyadarkan kita akan pentingnya kerja sama internasional dalam menangani masalah bersama ini. Saat ini kerja sama internasional telah menjadi kepentingan nasional masing-masing negara,” kata Puan, dalam keterangan persnya, Selasa (23/2/2021).

Tidak hanya itu, dalam pertemuan tersebut, Puan juga mengungkapkan bahwa ketersediaan vaksin pada awal 2021 harus diimbangi dengan distribusi yang merata di berbagai belahan dunia, tanpa terkecuali.

“Akses vaksin yang adil, aman, efektif dan berkualitas bagi semua orang dan semua negara,” ucap politisi partai PDI Perjuangan.

Pertemuan 5WCSP kali ini, dipimpin oleh Presiden IPU Duarte Pacheco dan dihadiri oleh 19 anggota  Preeparatory Committee, yang merupakan Speaker dan Presiden Parlemen berbagai negara. Pertemuan selanjutnya direncanakan akan diadakan di Wina, tanggal 6-9 September 2021.

 


Editor: Dadan Hardian

Daerah