Dugaan Awal Kantor BPOM Terbakar karena Hubungan Pendek Arus Listrik

Penulis: Riana Rizkia

TVRINews, Jakarta

Dugaan awal penyebab kebakaran di kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta Pusat pada Minggu (18/7/2021) malam, akibat adanya hubungan pendek arus listrik. Hal tersebut diungkap Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono. 

"Dugaan awal kebakaran terjadi akibat adanya hubungan pendek arus listrik yang mungkin terkait dengan peremajaan instalasi listrik yang sedang dilakukan di lokasi kejadian," ujar Argo Yuwono, Rabu (21/7/2021).

Berdasarkan penyelidikan awal, Argo menyebut api pertama kali muncul di ruang standardisasi obat dan prekursor dan zat adiktif.

Diduga, hal tersebut berkaitan dengan peremajaan instalasi listrik yang sedang dilakukan di lokasi kejadian. Namun Polri belum dapat menyimpulkan penyebab pasti terjadinya kebakaran tersebut. 

Sebelumnya kebakaran terjadi di lantai 1 Gedung F kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta Pusat, saat adanya pengerjaan peremajaan panel listrik.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 21.30 WIB dan berhasil dipadamkan pada 22.00 WIB dengan melibatkan 8 unit mobil pemadam kebakaran serta 9 mobil penunjang.

Kerugian ditaksir mencapai Rp600 juta, hal tersebut disampaikan Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal dalam keterangan tertulisnya.

Terkait kebakaran yang terjadi, BPOM memastikan tidak ada korban jiwa dan peristiwa tersebut tidak menganggu pelayanan di Badan POM.

 

Editor: Dadan Hardian

Daerah