Hubungan Bilateral Memanas, Putin dan Biden Bertemu Juni

Reporter: Aulia Zita

TVRINews, Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dikabarkan akan bertemu bulan Juni mendatang, kantor berita RIA melaporkannya pekan lalu.

Penasihat kebijakan luar negeri, Yuri Ushakov, mengatakan keputusan tegas tentang pertemuan itu belum diambil.

"Kami akan mengambil keputusan tergantung pada banyak faktor," kata Ushakov, duta besar Rusia untuk Amerika Serikat, seperti diberitakan Reuters, Selasa (27/4/2021).

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pada Minggu bahwa pertemuan Biden untuk pertemuan itu telah diterima "secara positif" dan sekarang sedang dipertimbangkan.

Harian Kommersant Rusia, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan Biden telah menawarkan Putin untuk bertemu pada 15-16 Juni di sebuah negara Eropa.

Kremlin tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait berita  ini.

Seperti yang banyak diberitakan, akhir-akhir ini hubungan Rusia-Amerika kembali memburuk pascaperang dingin bulan lalu.

Sebelumnya Amerika Serikat bulan ini memberlakukan serangkaian sanksi baru terhadap Rusia atas dugaan campur tangan dalam pemilu Amerika 2020 lalu, peretasan dunia maya, penindasan Ukraina, dan tindakan lain yang dianggap sebagai fitnah.

Awal bulan ini, Biden meminta Putin untuk mengurangi ketegangan yang dipicu oleh peningkatan militer Rusia di perbatasan Ukraina dan mengusulkan pertemuan puncak untuk mengatasi serangkaian perselisihan.

Kremlin mengatakan pada saat itu bahwa pertemuan puncak akan bergantung pada perilaku Amerika. Kremlin juga meminta Washington untuk membatalkan rencana untuk menjatuhkan sanksi baru pada Rusia.

Editor: Dadan Hardian

Daerah