107 Kendaraan Diperiksa di GT Bekasi Barat 1, Petugas Siaga 24 Jam

Ilustrasi. (foto istimewa)

Reporter: Nur Khabibi

TVRINEWS, Kota Bekasi

Ratusan kendaraan diperiksa di Gerbang Tol Bekasi Barat 1, Kota Bekasi, Jawa Barat, menyusul aturan larangan mudik 6-17 Mei 2021 atau Lebaran tanpa mudik. Sebagian kendaraan yang diperiksa tersebut ada yang diminta putar balik ke Jakarta lantaran terindikasi mudik.

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Posko Penyekatan Mudik Inspektur Polisi Dua (Ipda) Mulyadi mengatakan dalam operasi ini sebanyak 28 personel diterjunkan, terdiri dari Polri 15, TNI 3, Dinas Perhubungan 4, Dinas Kesehatan 3 dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) 4 personel. "Dari Minggu dini hari hingga pukul 21.00 WIB ini, kami telah memeriksa 107 kendaraan dan itu masih akan bertambah, karena kami masih terus melakukan operasi hingga pukul 24.00 WIB nanti," ujar Mulyadi di depan Gerbang Tol Bekasi Barat 1, Minggu (9/5/2021).

Lebih lanjut Mulyadi menjelaskan tidak ada spesifikasi khusus terkait ciri-ciri kendaraan yang hendak diperiksa. Oleh karena itu, petugas melakukan penyekatan secara acak. "Misalnya kita lihat lalu lintasnya kayak gini (ramai lancar). Kita perintahkan dari atas sini buat buka kaca. Tapi buka kaca semua, jadi untuk kita lihat ada berapa penumpang. Kalau sendiri biasanya berangkat kerja," kata dia.

Mulyadi juga menyebutkan hingga malam ini volume kendaraan sudah menurun hingga 70 persen. Hal ini membuat arus arah Cikampek terpantau lancar. "Untuk kendaraan yang diputarbalikkan sampai pukul 21.00 ini baru satu kendaraan. Kami terus melakukan penyekatan selama 24 jam dimana setiap dua jam dilakukan secara bergantian," ujarnya.

Secara keseluruhan, terdapat tujuh titik penyekatan jalur mudik di Kota Bekasi. Selain di Gerbang Tol Bekasi barat. Keenam titik penyekatan lainnya berada di Patung Garuda Harapan Indah, Sumber Arta, Jalan Siliwangi, Bulak Kapal, Jalan Inpeksi Kalimalang, dan Gerbang Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi Timur.

Editor: Eggi Paksha

Daerah