Bali Maritime Tourism Hub Solusi Percepatan Ekonomi di Bali

Reporter : Ahmad Richad

TVRINews, Bali

Bali salah satu provinsi di Indonesia yang perekonomiannya bertumpu pada sektor pariwisata. Saat ini, infrastruktur pariwisata yang sedang dipersiapkan antara lain Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di wilayah Benoa. Diharapkan kawasan ini mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di Bali dan Indonesia.

Harapan tersebut diungkapkan anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat, Nasir Bahar, saat kunjungan kerja ke PT Pelindo III, Bali. Dia berharap kapal-kapal besar nantinya berlabuh di Bali. 

“Kita harapkan kapal-kapal besar, terutama kapal pesiar, bisa singgah di Bali, yang merupakan salah satu obyek wisata bagi turis mancanegara,” kata Nasir dalam keterangan resminya, Kamis (8/4/2021). 

Dia pun meminta penyertaan modal negara sebesar Rp 1,2 triliun yang dikucurkan pemerintah kepada PT Pelindo III bisa dimaksimalkan untuk pengembangan dan pembangunan di Bali.

Adapun anggota Komisi VI DPR lainnya, Mohamad Idris Laena, berpendapat bahwa Indonesia sudah saatnya tidak sekadar menjadi penonton. Indonesia merupakan negara maritim yang termasuk terbesar di dunia, tapi selama ini kapal-kapal pesiar datang ke Indonesia hanya numpang lewat dan tidak ada penumpangnya yang turun, sehingga tidak memberikan efek ekonomi apa pun kepada masyarakat Indonesia.

Idris pun berharap BMTH didukung semaksimal mungkin, termasuk pendanaan dari pemerintah, agar kemudian kapal-kapal itu bisa berlabuh di Indonesia.

“Sehingga memberikan efek ekonomi kepada masyarakat, terutama para pelaku UMKM,” ujarnya. 

 

Editor : Agus S.Riyanto

Daerah