Kapospam Operasi Ketupat Jaya 2021 Jelaskan Cara Periksa Kendaraan Pemudik

Lebaran tanpa mudik. (foto istimewa)

Penulis: Nur Khabibi

TVRINEWS, Jakarta

Kepala Pos Pengamanan Penyekatan Operasi Ketupat Jaya 2021 di Cilangkap, Ajudan Komisaris Polisi Sulani mengatakan ada beberapa kategori awal petugas memeriksa kendaraan yang melintasi pos penyekatan.

Di hari keempat berlakunya penyekatan atau Lebaran tanpa mudik, Sulani menyebutkan petugas yang berjaga melakukan sortir awal dengan melihat jenis kendaraan dari kapasitas penumpang. Selain itu juga dilihat dari ukuran kabin mobil yang biasa digunakan untuk menyimpan barang pemudik. "Biasanya yang mempunyai agak besar kabinnya seperti Granmax, APV, dan Elf. Ukuran minibus yang agak besar, disinyalir itu digunakan untuk disewa bagi para pemudik yang bekerja di Jakarta untuk kembali ke kampung halamannya," kata Sulani kepada TVRINews, Minggu (9/5/2021).

Sementara itu untuk pengguna sepeda motor, Sulani menyebutkan dilihat dari barang bawaan. Biasanya pengguna sepeda motor menambahkan kapasitas bagasi dengan alat seperti kayu atau besi yang disambung ke belakang dengan jok. "Jadi terkesan itu agak banyak bawaannya," tutur Sulani.

Selain itu juga dilihat dari segi penumpang. Pemudik akan membawa anggota keluarga untuk mudik bersama. "Biasanya keluarga-keluarga kecil, anak, suami, dan istri itukan indikasinya ya mudik," ungkap Sulani.

Kemudian untuk kendaraan berplat daerah juga berpengaruh untuk petugas memeriksa  di pos penyekatan. Kendaraan dengan plat nomor daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan daerah lain bisa digunakan untuk mengidentifikasi lebih awal.

Namun Sulani menegaskan, hal itu tidak serta-merta menjadi alasan pengguna jalan untuk diminta putar balik ke tempat asal. Ia akan tetap melakukan pemeriksaan surat-surat yang dibawa pengguna jalan sebagai tahap akhir dari pemeriksaan di pos penyekatan. "Artinya semua harus melakukan pemeriksaan terpadu, antara barang bawaannya, identitasnya maupun kendaraannya. Jadi kita sinkronkan ya, kita analisa (dengan) tanya jawab dengan pengemudinya," ucap Sulani.

"Kalau kita periksa KTP-nya mungkin di luar (Jakarta), Jawa Barat atau Jawa Tengah dengan indikasi  membawa barang bawaan yang cukup banyak ya berarti indikasinya akan mudik," ujar Sulani.

Editor: Eggi Paksha

Daerah