Lepas Kontingen ke PON Papua, Gubernur Sumsel: Bonus Rp300 Juta untuk Peraih Medali Emas

Penulis: Ahmad Richad

 

TVRINews, Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Hernan Deru menjanjikan bonus senilai Rp300 juta untuk atlet peraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Kalau berhasil meraih medali emas Rp300 juta bonusnya," kata Herman Deru usai upacara pelepasan kontingen PON Sumatera Selatan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Rabu (15/9/2021).

Lebih lanjut Herman Deru berpesan agar atlet dan semua tim yang berangkat ke Papua terus menjaga kekompakan, dan spirit tinggi untuk meraih prestasi. 

"Karena ini selain meraih prestasi, juga demi nama baik Provinsi Sumatera Selatan," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Ketua Umum KONI Sumsel Hendri Zainuddin menyebutkan gelombang pertama kontingen Sumsel adalah atlet dan pelatih tenis lapangan, yang telah berangkat pada 23 September 2021. Berikutnya tim besar akan berangkat pada 1 Oktober 2021 mendatang.

"Target kita memperbaiki peringkat Sumsel dari PON sebelumnya. Karena pada PON 2016 Sumsel hanya berhasil membawa pulang enam medali dan finis pada peringkat 21 nasional," ujar Hendri.

Adapun pada PON XX Papua yang berlangsung 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021 ini Sumatera Selatan memberangkatkan 102 atlet, 48 pelatih, dan 13 panitia penyerta untuk 24 cabang olahraga yang diikuti.

Atlet yang diberangkatkan tersebut sudah siap secara fisik dan mental lantaran secara teknis atlet sudah mengikuti agenda pelatihan terpusat (training center) selama Februari sampai Juli.

"Walaupun dihadapkan segala hambatan dampak dari pandemi pelatihan terpusat berjalan dengan baik sehingga kontingen daerah lain harus mempertimbangkan Sumsel," tutur Hendri.

 

Editor: Dadan Hardian