Menko Luhut Terangkan Tiga Kunci Pemulihan Ekonomi di Bali

Ilustrasi. (foto istimewa)

Penulis: Eggi Paksha

TVRINews, Jakarta

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menerangkan ada tiga kunci recovery atau pemulihan ekonomi di Bali. "Ada tiga kunci recovery ekonomi di Bali dalam jangka pendek ini pertama pengendalian Covid-19 yang semakin baik tapi ini tidak hanya di Bali saja tapi diseluruh Indonesia," kata Luhut dalam acara Bali Ekonomic and Investor Forum 2021. 

Dilanjutkannya, kedua adalah proses vaksinasi Covid-19 di Bali sehingga tercipta herd immunity segera tercipta. Pasalnya sebelumnya ada keterlambatan vaksin dua bulan dari rencana awal. "Dan ketiga perlu dibuat ketat protokol kesehatan yang sedang dijajaki negosiasi dengan beberapa negara untuk membuka travel bubble Wisman dengan Bali," sambungnya.

Sedangkan untuk jangka menengah dan panjang, dilanjutkan Luhut, untuk penanganan penyakit-penyakit spesifik seperti kangker dan tumor sudah ada beberapa investor yang berminat untuk ini. Kemudian lanjut dia, kelestarian sumber air dan pengelolaan sampah. Kedua hal itu kunci untuk stablitas industri pariwisata di Bali. "Terakhir kembali mengingatkan kepada semua agar kita bersatu untuk mematuhi protokol kesehatan dan juga bahu membahu meningkatkan sektor ekonomi di Bali," pungkasnya.

Editor: Eggi Paksha

Daerah