Panik Lihat Polisi, Pengendara Motor Justru Masuk Jalan Tol Bekasi

Lebaran tanpa mudik. (foto istimewa)

Reporter: Ahmad Richad

TVRINEWS, Kota Bekasi

Terjadi peristiwa menggelitik ketika petugas gabungan sedang melakukan pemeriksaan Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) di Posko Penyekatan Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat 1, Bekasi Selatan. Beberapa pengendara motor yang melintas dari Jalan Ahmad Yani, tepatnya di dekat lampu lalu lintas perempatan Metropolitan Mal, justru salah belok ke arah ruas GT Bekasi Barat 1.

Saat di wawancarai TVRINews, pengendara motor tersebut mengatakan bahwa ia panik melihat begitu banyak polisi di jalan tersebut. "Saya panik, karena banyak sekali polisi di depan tadi. Saya kira ada razia, makanya saya tancap gas saja, ternyata ini jalan tol," kata Ramdan (28 tahun), seorang pengendara motor yang masuk Tol Bekasi Barat 1, Minggu (9/5/2021).

Menanggapi hal tersebut Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Posko Penyekatan Mudik Tol Bekasi Barat 1, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Mulyadi mengatakan selama operasi ketupat ini sudah banyak sepeda motor yang salah arah dan masuk jalan tol. "Jadi kebanyakan mereka itu tidak tahu bahwa ini adalah jalan tol dan bertepatan ada operasi penyekatan juga. Banyak juga mereka itu salah masuk, karena mengikutin petunjuk dari google maps," kata Mulyadi.

Padahal menurut Mulyadi, sudah terdapat rambu larangan belok kiri bagi pengendara motor yang diletakkan di sisi sebelah kiri jalan. Tapi mungkin pengendara tersebut tidak melihatnya. Dari pantauan TVRINews.com pada pukul 22.00 WIB, penyekatan di depan Gerbang Tol Bekasi Barat masih terus berlangsung. Sejumlah petugas tampak berada di kedua sisi jalan.

Secara keseluruhan, terdapat tujuh titik penyekatan jalur mudik di Kota Bekasi. Selain di Gerbang Tol Bekasi barat, keenam titik penyekatan lainnya berada di Patung Garuda Harapan Indah, Sumber Arta, Jalan Siliwangi, Bulak Kapal, Jalan Inpeksi Kalimalang, dan Gerbang Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi Timur.

Editor: Eggi Paksha

Daerah