Istri El Chapo Guzman Gembong Narkoba Mexico Ditangkap

Reporter: Aulia Zita

TVRINews, Amerika Serikat

Emma Coronel Aispuro, istri Joaquin “El Chapo” Guzman ditangkap pada Senin (22/2/2021) atas dugaan keterlibatannya dalam perdagangan narkoba internasional. Istri dari pemimpin kartel narkoba Sinaloa Meksiko ini ditangkap di Bandara Internasional Dulles di Virginia utara.

Pernyataan yang dirilis departemen kehakiman AS mengatakan bahwa Coronel yang merupakan warga negara AS-Meksiko ditangkap di bandara internasional Dulles dan dijadwalkan untuk hadir di pengadilan federal pada Selasa (23/2/2021) melalui konferensi video.

Menurut dokumen pengadilan, Coronel didakwa terlibat dalam distrbusi kokain, metamfetamin, heroin, dan mariyuana untuk diimpor ke Amerika Serikat.

Selain itu ia juga dituduh bersekongkol untuk membantu mengatur pelarian El Chapo Guzman melalui terowongan sepanjang satu mil dari penjara Altiplano dengan keamanan tinggi di Meksiko pada Juli 2015.

Makalah pengadilan menuduh bahwa Coronel bekerja sama dengan putra El Chapo Guzman untuk mengatur rencana pelarian, termasuk membeli sebidang tanah di dekat penjara, senjata api dan truk lapis baja serta menyelundupkan arloji GPS kepada kepala kartel yang dipenjara untuk memastikan terowongan pelarian mencapai selnya.

"Setelah Guzman ditangkap kembali di Meksiko pada Januari 2016, Coronel Aispuro diduga telah terlibat dalam perencanaan pelarian penjara lain dengan orang lain sebelum ekstradisi Guzman ke Amerika Serikat pada Januari 2017." Tulis departmen kehakiman AS dalam pernyataan resminya.

Sementara itu, suami Coronel, El Chapo Guzman, kini sedang menjalani hukuman seumur hidup di ADX Florence, Colorado, penjara "Supermax" paling aman di negara itu. Pemimpin kartel ini dijatuhi hukuman penjara seumur hidup ditambah 30 tahun pada Juli 2019 karena memperdagangkan berton-ton narkoba ke Amerika Serikat.

 

 


Editor:DadanHardian

Daerah