Kemenpora Sebut 34 Persen Masyarakat Indonesia Suka Olahraga

Kemenpora Sebut Hanya 34 Persen Masyarakat Indonesia Suka Olahraga 


Reporter: Christhoper Natanael Raja

TVRINews, Jakarta

Kementerian Pemuda dan Olahraga membeberkan kondisi olahraga menjadi perhatian tersendiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. 

Sebab partisipasi masyarakat di Indonesia terkait olahraga masih sekitar 34 persen.Angka ini dinilai masih jauh dari target yang ingin dicapai meliputi tingkat kebugaran ideal untuk mencetak talenta olahraga yang baik.

Staf Khusus Bidang Kreativitas dan Inovasi Kaum Milenial Kementerian Pemuda dan Olahraga Alia Noorayu Laksono mengatakan pihaknya menargetkan sebesar 70 persen masyarakat Indonesia aktif berolahraga tahun 2044 mendatang.

“Kita ingin meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya olahraga, mulai dari suka olahraga dulu, sadar pentingnya olahraga, ada hobi, barulah dari situ bisa menanamkan ide untuk menjadi atlet,” kata Alia dalam konferensi pers Sumbang Ide Merancang.id “Bagaimana agar Lebih Banyak Perempuan Indonesia Suka Berolahraga?” di Gedung Kemenpora, Rabu (16/6/2021).

Menyadari kondisi ini, Kemenpora sedang mempersiapkan Desain Besar Keolahragaan Nasional 2021-2024 untuk menciptakan ekosistem olahraga nasional yang bisa jadi fondasi bagi masa depan prestasi olahraga Indonesia. 

Prestasi tidak bisa dicapai secara kebetulan dan instan, maka perlu disiapin sistem pembinaan prestasi buat para atlet yang melibatkan banyak pihak. Desain besar ini juga sejalan dengan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Editor: Dadan Hardian

Daerah