Ketua DPR Sebut RUU Otonomi Khusus Papua Sangat Dinanti Masyarakat Papua

Penulis: Ahmad Richad

TVRINews, Jakarta

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa RUU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua (Otsus Papua) sudah sangat dinantikan oleh masyarakat Papua.

Hal tersebut diungkapkan Puan saat menyampaikan pidato penutupan dalam rapat paripurna ke-23 masa persidangan V tahun 2020-2021.

“RUU ini merupakan RUU yang sangat ditunggu-tunggu oleh saudara-saudara kita di tanah Papua,” kata Puan Maharani secara virtual, di Jakarta, Kamis (15/7/2021). 

Lebih lanjut Puan menjelaskan rapat paripurna penutupan Masa Persidangan V DPR RI Tahun Sidang 2020-2021 ini dimulai sejak pukul 10.30 WIB, dan dihadiri anggota Dewan secara virtual dan fisik, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Selama masa persidangan ini telah banyak kegiatan untuk menjalankan tugas konstitusional DPR yang telah dilakukan, dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan pandemi Covid-19,” ujar politisi PDI-Perjuangan itu.

Selain pengesahan RUU Otsus Papua, agenda lain rapat paripurna hari ini yakni Penyampaian RUU tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran  2020 oleh Pemerintah.

Selanjutnya laporan Komisi VII DPR RI atas Hasil Uji Kelayakan (fit and proper test) terhadap Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas Masa Jabatan 2021-2025 dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan; dan Persetujuan terhadap Permohonan Pertimbangan Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan.

Selain itu, ada penyampaian Pendapat Fraksi-Fraksi terhadap sejumlah RUU Usul Inisiatif Badan Legislasi DPR RI, dan penetapan perpanjangan waktu pembahasan RUU tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; dan RUU tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1973 tentang Landas Kontinen Indonesia.

 

 

Editor: Dadan Hardian

Daerah