KPK Geledah Tiga Rumah Pribadi Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin

Reporter: Nur Khabibi

TVRINews, Jakarta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah tiga rumah pribadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Azis Syamsuddin. Penggeledahan dilakukan Senin, (3/5/2021).

"Senin (3/5/2021) tim penyidik telah selesai melaksanakan penggeledahan rumah kediaman pribadi milik milik AZ (Azis Syamsuddin) di tiga lokasi berbeda," ucap pelaksana tugas juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (4/5/2021).

Ali menyebutkan tiga rumah yang digeledah KPK semuanya berlokasi di Jakarta Selatan.

Penggeledahan dilakukan guna mencari alat dan bukti guna mengetahui sebagaimana jauh keterlibatan Azis dalam perkara suap penyelidikan tindak pidana korupsi di Kota Tanjungbalai.

"Dalam proses penggeledahan tersebut, ditemukan dan diamankan barang yang diduga terkait dengan perkara," tutur Ali.

Untuk barang-barang yang diamankan akan segera dilakukan validasi serta verifikasi untuk segera diajukan penyitaan sebagai bagian dalam berkas perkara dimaksud.

Sebelumnya KPK juga menggeledah ruang kerja Azis Syamsuddin di Gedung DPR RI juga menggeledah rumah dinas Azis di Denpasar Raya Nomor C3/3 Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (28/4/2021).

Selain itu, guna kepentingan penyidikan perkara ini KPK juga mencegah bepergian Azis ke luar negeri. Hal itu dibenarkan oleh Ali.

"Benar, KPK pada tanggal 27 April 2021 telah mengirimkan surat ke Ditjen Imigrasi Kumham RI untuk melakukan pelarangan ke luar negeri  terhadap 3 orang yang terkait dengan perkara ini," kata Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (30/4/2021).

"Pelarangan bepergian  ke luar negeri tersebut terhitung mulai 27 April 2021 hingga selama enam bulan ke depan," ucap Ali.


Editor: Dadan Hardian

Daerah