Makanan Pekerja Migran Indonesia yang Dikarantina Ada Belatungnya

Penulis: Puji Anugerah

TVRINews, Situbondo

Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sedang menjalani karantina di Gedung Baluran, Situbondo merasa was-was. Bagaimana tidak, makanan nasi kotak yang biasa mereka konsumsi setiap hari ditemukan belatung. Seperti yang terjadi Selasa (14/9/2021).

Temuan menjijikkan itu sebenarnya sudah sejak beberapa pekan lalu, dan ini yang ke-3 kalinya makanan yang disediakan pihak pengelola ditemukan belatung.

Beruntung, makanan yang mengandung belatung tersebut belum sempat dimakan para pekerja migran. Makanan yang mengandung belatung ditemukan para petugas jaga yang bekerja di gedung pusat karantina ini.

Dari hasil pemeriksaan diketahui, belatung yang menempel di lauk ayam bakar itu merupakan larva dari telur lalat. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Situbondo Zainul Arifin menjelaskan konsumsi makanan di Pusat Karantina Baluran disediakan oleh pihak katering.  Dengan kejadian ini, pihaknya akan segera menggantinya dengan pihak katering yang baru.

Saat ini, ada 5  Pekerja Migran Indonesia yang sedang menjalani masa karantina. Dengan kejadian itu diharapkan, kejadian serupa tidak terulang lagi, sehingga makanan yang dikonsumsi para Pekerja Migran Indonesia ataupun petugas jaga yang bekerja di Pusat Karantina ini lebih bersih, sehat dan higienis.

 

Editor: Dadan Hardian

Daerah