Mensos ke Hulu Sungai Tengah, Bantuan Berdatangan

Penulis: A Rizki 

TVRINews, Hulu Sungai Tengah

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel)untuk menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat komunitas adat terpencil (KAT) di Dusun Danau Canting Desa Hinas Kiri Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) pada Selasa  (14/9/2021). 

Risma menyerahkan bantuan senilai Rp1.470.173. 573. Bantuan tersebut digunakan untuk bantuan peralatan sekolah, peralatan pertanian, sarana air bersih, MCK Komunal, bangunan balai sosial, penerangan lampu tenaga surya, serta untuk pemberdayaan komunitas adat terpencil.

Selain menyerahkan bantuan sosial, dalam kunjungan kerja ini, Mensos Risma juga mendengarkan berbagai keluhan dan aspirasi masyarakat komunitas adat terpencil dari persoalan ekonomi, pertanian, infrastruktur, akses internet hingga permasalahan pendidikan. 

Terkait masalah pendidikan, Kemensos berencana akan membangun Community Center di lokasi kelompok adat terpencil Danau Canting yang akan dimodifikasi agar bisa dijadikan sebagai tempat anak-anak belajar.

"Mungkin kita bisa siapkan perpustakaan, saya akan bantu akses ke Badan Perpustakaan," kata Risma 

Kemudian, terkait aliran listrik untuk penerangan pihak Kemensos akan berupaya membantu komunitas adat terpencil (KAT) Danau Canting dengan Solar Cell atau tenaga panel surya. 

Kemensos juga akan membantu warga dengan bantuan ternak ayam petelur, yang diharapkan nantinya juga digunakan sebagai kebutuhan gizi untuk anak-anak agar tidak terjadinya stunting

Mengenai permasalahan jaringan komunikasi, Risma akan menyampaikan kepada Kominfo untuk membantu akses jaringan komunikasi. 

"Anak-anak nanti bisa belajar menggunakan teknologi, sehingga anak-anak bisa belajar di sini (balai sosial) tanpa harus keluar desa apalagi saat pembelajaran daring," pungkasnya. 


Editor: Dadan Hardian