Menteri Perhubungan Sebut Lebaran Tanpa Mudik Berjalan Efektif

Menhub, Budi Karya Sumadi. (foto istimewa)

Reporter: Christhoper Natanael Raja

TVRINEWS, Kabupaten Brebes

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan penyekatan yang dilakukan pada 381 titik merupakan bagian dari penerapan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Penyekatan untuk mengendalikan arus mudik atau Lebaran tanpa mudik ini dilakukan secara berlapis, sehingga pemudik akan kesulitan untuk lolos. “Apabila ada 100 orang di satu tempat (titik penyekatan) maka di tempat lain sama,” kata Budi dalam konferensi pers  di Gerbang Tol Pejagan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (9/5/2021) sore.

Budi menilai penyekatan berlapis ini sangat efektif. Berdasarkan pantauan dari sektor darat yang mengarah ke Jawa Tengah, jumlah penduduk sempat mengalami kenaikan dan penurunan sebesar 10 persen sebelum masa peniadaan mudik diberlakukan. “Tidak benar terjadi lonjakan (pemudik) yang sangat tinggi,” tutur Budi.

Sementara itu, pada masa Lebaran tanpa mudik sampai hari ini, Minggu (9/5/2021), pemudik yang berasal dari sektor darat turun hingga 45 persen dibanding tahun lalu. Setelah melihat dari udara, hanya tampak sekitar 10 persen kendaraan bermunculan. “Jadi apa yang dikhawatirkan besok dan lusa (tiga dan empat hari sebelum Idul Fitri) mungkin tidak terjadi,” ujar Budi.

Meski demikian, ia meminta agar Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tetap waspada mengantisipasi lonjakan pemudik pada tiga dan empat hari sebelum Idul Fitri.

Sementara dari sektor lainnya yakni udara, kereta api, dan laut juga mengalami penurunan dan dapat dikategorikan berhasil dikendalikan. Saat penerapan peniadaan mudik hingga hari ini, pemudik yang datang dari sektor udara turun hingga 93 persen, sementara dari sektor kereta api dan laut masing-masing turun 90 persen. “Artinya peniadaan mudik tahun 2021 sejauh ini berjalan dengan baik dan efektif,” ucap Budi.

Editor: Eggi Paksha

Daerah