Penyidik Minta Keterangan Saksi Ahli Dukcapil Kemendagri

Penulis: Daniel Saputra

Subdit V Siber Polda Jambi masih mengumpulkan barang bukti kasus pemalsuan KTP elektronik di Kota Jambi. sejumlah saksi ahli tengah dimintai keterangan untuk mengungkap pelaku dibalik kasus tersebut.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany mengatakan pasca penggeledahan kantor dukcapil kota jambi, Penyidik Subdit V Cyber Polda Jambi tengah menunggu keterangan dari saksi ahli. 

“Saat ini tim penyidik berada di Jakarta meminta keterangan ahli dari Dukcapil Kemendagri untuk mendalami kasus pemalsuan KTP elektronik tersebut. Penyidik juga masih menunggu hasil dari penggeledahan yang dilakukan oleh tim Syber Mabes Polri,” terang Kombes Pol Sigit Dany. 

Kombes Pol Sigit Dany menjelaskan selain saksi ahli, penyidik sudah memeriksa 20 orang saksi yang terdiri dari korban, pegawai dan pejabat di Disdukcapil Kota Jambi. Kasus pemalsuan KTP elektronik ini tengah menjadi fokus Subdit V Siber. Setelah mengumpulkan barang bukti, Polda Jambi akan mengungkap tersangka dibalik pemalsuan KTP elektronik tersebut.

Sebelumnya, tim Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jambi berhasil mengungkap kasus pemalsuan KTP elektronik di Kota Jambi. Sebanyak 18 orang melapor ke Polda Jambi usai dirugikan dengan pemalsuan KTP elektronik tersebut. 

Pada pemalsuan KTP elektronik tersebut ada tiga modus yang digunakan pelaku yakni pencetakan KTP di luar jam dinas, melakukan akses ilegal ke komputer Kantor Disdukcapil dan penggunaan material KTP bekas.

 

Editor: Dadan Hardian

Daerah