Peran Indonesia Terhadap Penanganan Covid-19 Dunia

Penulis: Christhoper Natanael Raja

TVRINews, Jakarta

Kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menilai bahwa Indonesia dapat memberikan peran terhadap penanganan Covid-19 secara global.

Sebagai bangsa yang besar, hal yang menjadi tolak ukur adalah jumlah penduduk, serta luas wilayahnya sebesar 3,5 persen penduduk dunia merupakan penduduk yang menetap di Indonesia.

Indonesia merupakan negara kepulauan terluas di dunia yang melebihi Eropa Barat. Karakteristik demografis dan geografis yang menjadi sebuah tantangan dan keistimewaan bagi Indonesia dalam pengendalian Covid-19.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan tantangan yang dihadapi Indonesia selama menangani pandemi Covid-19 adalah berisiko tinggi untuk berkontribusi cukup besar terhadap kasus dunia, mengingat kepadatan populasi dan banyaknya pintu masuk pendatang ke Indonesia.

“Jika Indonesia mampu mengendalikan Covid-19 dengan baik akan memberi pengaruh besar dalam pengendalian Covid-19 secara global,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/9/2021).

Ia mengapresiasi kerja keras masyarakat dan pemerintah untuk konsisten melakukan pengendalian Covid-19 secara berlapis, maka saat ini kontribusi kasus Covid-19 nasional cukup terkendali. 

“Kebijakan berlapis itu meliputi pelaku perjalanan internasional, pelaku perjalanan dalam negeri, dan pengendalian aktivitas masyarakat di rumah maupun di luar rumah,” ujar Wiku.

Terlepas dari pencapaian penanganan Covid-19 yang baik ini, Indonesia meyakini Covid-19 tidak akan sepenuhnya hilang dalam waktu yang singkat.

 

Editor: Dadan Hardian

Daerah