Polda Metro Jaya Kembali Tangkap 22 Travel Gelap

Reporter: Riana Rizkia

TVRINews, Jakarta

Polisi kembali melakukan penangkapan sebanyak 22 travel gelap yang nekat melalukan perjalanan mudik dan sopirnya ditindak dengan tilang. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan penilangan tersebut dilakukan karena sopir melanggar  Pasal 308 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, karena perjalanan yang dilakukan travel tersebut tidak sesuai dengan trayeknya. 

"Kemarin sudah disampaikan ada 22 travel gelap. Tolong dipisahkan yah, travel gelap (ditindak) ini bukan saja harus pada tanggal larangan mudik, 6-17 Mei, tapi bukan peruntukannya," kata  Kombes Pol Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (4/5/2021).

"Mobil misalnya plat hitam, plat hitam itu mobil pribadi tapi dia pakai untuk umum dan menerima bayaran, itu nggak boleh namanya. Atau mobil ini untuk jalur dalam kota Jakarta tapi dia pakai untuk ke Jawa Timur, gak sesuai trayek, itu kena juga," sambungnya. 

Mobil yang digunakan sebagai travel gelap ditahan di Polda Metro Jaya dan baru bisa dipulangkan setelah Operasi Ketupat Jaya selesai dilaksanakan.

Sebelumnya sebanyak 115 mobil travel gelap disita Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya. 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut dalam penangkapan tersebut pihaknya melakukan operasi hunting system jalur-jalur jalan, baik arteri, jalan tol maupun jalur tikus yang ditenggarai sering dilewati oleh para travel gelap. 


Editor:DadanHardian

Daerah