Wakil Gubernur DKI Ingatkan Larangan Mudik dan Sarankan Lebaran Virtual

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (foto istimewa)

Reporter: Riana Rizkia

TVRINEWS, Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri apel petugas Operasi Ketupat Jaya 2021, di Polda Metro Jaya, Rabu (5/5/2021). Dia pun berharap agar masyarakat dapat patuh dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah terkait larangan mudik di hari Raya Idul Fitri. Pasalnya pandemi Covid-19 belum selesai dan berpotensi meningkat.

Dalam pandangannya, berkumpul saat Hari Raya Idul Fitri dikhawatirkan dapat menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19. "Kami harap pelaksanaan hari raya bisa dilakukan secara online dengan panggilan video. Mohon kerja sama warga Jakarta memberi dukungan agar bisa memutus mata rantai Covid-19," katanya.

Harapan berlebaran secara virtual disampaikan Riza karena khawatir akan ada peningkatan kasus Covid-19 seperti Hari Raya Idul Fitri tahun kemarin. 

Tidak hanya membahas harapan terkait lebaran tanpa mudik, Riza juga menyebut pihaknya telah mengeluarkan surat izin keluar/masuk (SIKM), surat ini diperuntukkan bagi mereka yang akan melakukan perjalanan dengan alasan pekerjaan, persalinan, atau sedang dalam keadaan berduka karena ada keluarga yang meninggal dunia. 

Pemerintah memang telah memberlakukan larangan mudik mulai 6-17 Mei 2021, namun terdapat pengecualian bagi pengantaran logistik atau masyarakat yang memiliki kebutuhan mendesak dengan membawa SIKM.

Editor: Eggi Paksha

Daerah