Wujudkan Visi Indonesia 2045, Mendag Targetkan Pendapatan per Kapita Hingga 12.000 USD

Reporter: Naufal Lanten

TVRINews, Jakarta

Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi mendukung perwujudan visi Indonesia 2045 dengan mendorong kontribusi di sektor perdagangan.

Hal tersebut dikatakannya di pertemuan Pra-Rapat Kerja 2021 secara hybrid, Rabu, (3/3/2021).

“Kementerian Perdagangan akan berupaya mewujudkan visi Indonesia 2045 atau 100 tahun Kemerdekaan Indonesia, salah satunya meningkatkan pendapatan per kapita hingga USD 12.000 pada 2040 dengan mendorong sektor perdagangan. Jika berhasil diwujudkan, maka Indonesia dapat keluar dari jebakan masyarakat kelas menengah,” kata Mendag, Lutfi.

Menyoroti kondisi Indonesia pada Megatren Dunia 2045, sambung Mendag, Mata uang regional diproyeksikan bakal mengambil alih mata uang dunia yang selama ini didominasi dolar Amerika Serikat, Euro, dan Yuan, bahkan mata uang kripto. 

“Jumlah kelas menengah dunia akan lebih dari 8,1 miliar jiwa atau 84 persen penduduk dunia. Hal ini merupakan kabar baik bagi Indonesia karena kelas menengah akan memperbaiki daya beli dan konsumsi serta memotori perekonomian dunia,” ujar Lutfi.

Kemendag, kata lutfi, akan meningkatkan posisi emerging market dengan mendorong konsumsi dan meningkatkan peran ekspor-impor dalam menopang pertumbuhan ekonomi. 

“Di sinilah pentingnya tugas perwakilan perdagangan di luar negeri, yaitu dengan memperkuat kontribusi ekspor dan impor untuk mendorong peningkatan PDB. Salah satunya dengan memfokuskan pada 30 komoditas ekspor utama Indonesia,” terang dia.

Untuk itu, Lutfi mendorong pemutakhiran perjanjian dagang dan daya konsumsi guna memulihkan ekonomi nasional. 

“Kita sedang beralih dari mengekspor barang mentah dan barang setengah jadi menjadi barang industri dan barang industri berteknologi tinggi. Untuk itu, perlu diciptakan pelaku UMKM yang tangguh untuk mewujudkan perdagangan yang adil dan baik demi Indonesia yang sejahtera,”ujar Mendag.

 

Editor: Dadan Hardian

Daerah